USU Wisuda Lulusan Periode I Tahun Akademik 2013/2014

USU Wisuda Lulusan Periode I Tahun Akademik 2013/2014 
Universitas Sumatera Utara (USU) mewisuda 2.058 lulusannya pada upacara wisuda periode I tahun akademik 2013/2014 di Gedung Auditorium kampus, Rabu [27/11] dan Kamis [28/11]. Lulusan ini terdiri atas 406 orang lulusan Program Pascasarjana,  15 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 12 orang Program Pendidikan Spesialis, 24 orang Program Dokter Jenjang Magister, 51 Orang Pendidikan Profesi, 1.340 orang dari Program Sarjana dan 210 orang Program Diploma.

Dengan demikian jumlah lulusan Sekolah Pascasarjana, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Pendidikan Spesialis, Program Dokter jenjang Magister, Pendidikan Profesi, Program Sarjana dan Program Diploma USU sampai sekarang adalah 145.556 orang.

Rektor Prof Dr dr Syahril Pasaribu DTM&H MSc (CTM)Sp A(K) dalam pidato sambutannya mengungkapkan ada 4 hal yang perlu disimak bila mereview tujuan pendidikan tinggi berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012.

Dia menyebutkan, pendidikan tinggi menjadi satu wadah bagi berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.

Sebagai tujuan kedua, sebutnya lagi, pendidikan tinggi merupakan satu jenjang pendidikan dimana dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa.

“Dan sebagai jenjang bagi dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia. Hal ini juga merupakan tujuan yang ketiga,” paparnya.

Sedangkan tujuan yang keempat, kata rektor, pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan pelaksana, bagi terwujudnya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurutnya, keempat tujuan mulia tersebut merupakan pedoman umum yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan sistem pendidikan tinggi, yang diyakini akan dapat menghantarkan proses pendidikan di perguruan tinggi menjadi sinkron dengan esensi pendidikan itu sendiri. 

“Contohnya, satu usaha sadar dan terencana untuk  mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Gunanya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang  diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara,” kata rektor.

Rektor melihat para wisudawan telah memiliki kompetensi, skil dan keahlian dibidangnya masing-masing. Bermodalkan itu diharapkan dapat sinkron dengan makna tujuan pendidikan tinggi  tersebut. “Dengan berbekal teori, dan praktek yang telah dilakukan, diharapkan hal ini juga akan berdampak bagi sikap diri anda untuk menjadi lebih gigih lagi, menghadapi kompetisi atau persaingan ditengah-tengah realitas kehidupan masyarakat yang dikenal sangat selektif,” imbaunya.(aje)

 

2MBMYZY9FZUS
Unknown Label: 11.05.00
Back to Top